Minggu, 20 Maret 2016

Organisasi dan Attitude dalam Kehidupan

Saat ini sudah banyak bukan organisasi yang sering kita temui dan kita pun bisa ikut serta kedalam organisasi tersebut. Tapi apakah kalian tahu apa saja manfaat dan pelajaran yang kita dapatkan dalam suatu organisasi tersebut, dan apa saja masalah yang kita dapat pecahkan dalam suatu organisasi tersebut.
Yuuk kita bahas sedikit tentang organisasi dan pentingnya attitude dalam kehidupan kita. 



                     

Organisasi

Organisasi dalam bahasa Yunani  “ὄργανον, organon” = alat  yang artinya adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Secara umum, Pengertian Organisasi dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekumpulan individu terhadap pembagian kerja kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan yang telah diciptakan secara sistematis dan struktural. Dalam organisasi terdapat beberapa batasan yang dapat ditunjukkan pada sebuah organisasi tersebut. Selain itu, Pengertian Organisasi dapat diartikan sebagai tempat orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terorganisasi, terencana, terkendali dan terpimpin dalam memanfaatkan sumber daya yang digunakan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi secara bersama-sama. Nah begitu luas kan pengetahuan kita apabila kita ikut serta kedalam suatu organisasi, dan apalagi kalau ada suatu masalah pasti akan lebih seru dan melatih diri kita juga untuk mengatasi suatu masalah dan bagaimana kita harus memecahkan masalah tersebut.
Dan selalu ada masalah yang perlu dipecahkan bersama, mungkin ini yang ditunggu-tunggu karena memecahkan masalah membutuhkan ide dan jalan keluar yang baik. Sikap saling menjaga dan bertanggungjawab terhadap keutuhan anggota ataupun mempertahankan sebuah kelompok, memberikan gambaran sebuah perjuangan panjang, dan ini akan sangat membantu ketika dalam penyelesaian masalah atau memberikan masukan kepada masyarakat dalam lingkup luas.
Selain itu beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dalam sebuah organisasi antara lain :
1.    Tercapainya sebuah tujuan
Organisasi dibentuk dari tujuan-tujuan bersama yang berkaitan, maka pencapaian tujuan yang dilakukan oleh orang banyak atau dalam artian anggota sebuah kelompok lebih berpeluang untuk mencapai tujuan yang lebih maksimal dan efektif.

2.    Melatih mental bicara di publik
Mental berbicara didepan umum tidak setiap orang bisa peroleh dengan mudah, harus dengan pelatihan lama dan berkala. Sebuah organisasi, kelompok belajar, atau kelompok studi ilmiah bagi para mahasiswa adalah sebuah wadah yang tepat untuk pengembangan public speaking.

3.    Mudah memecahkan masalah
Karena dalam sebuah organisasi permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi, entah karena perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok. Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk.

Selain hal-hal diatas, masih banyak manfaat organisasi yang bisa diperoleh, namun disini tidak dipaparkan lebih banyak, hal lain yang bisa kita dapatkan antara lain :
a.    Melatih Leadership
b.    Memperluas pergaulan
c.    Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
d.    Membentuk karakteristik seseorang
e.    Kuat dalam menghadapi tekanan
f.     Mampu mengatur waktu dengan sangat baik
g.    Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya

Jadi, begitu pentingnya bukan kita mengenal dunia organisasi bahkan sejak kecil pun kita bisa mempelajari organisasi secara tidak langsung.
Dapat disimpulkan bahwa syarat untuk membangun organisasi antara lain :
1) Visi dan misi.
2) Adanya tujuan yang jelas.
3) Terdapat struktur organisasi yang terarah.
4) Adanya pembagian kerja yang jelas bagi masing-masing anggota.
5) Waktu serta subjek dalam partisipasi hendaknya relevan.
6) Mempunyai kemampuan dalam berpartisipasi serta untuk melakukan komunikasi timbal balik.
7) Dapat melaksanakan peran yang sesuai dengan suatu persyaratan yang sebelumnya sudah ditentukan.
8) Terdapat kegiatan yang didasari kepada kebebasan dalam kelompok

Pada umumnya, organisasi formal mempunyai struktur organisasi yang jelas dan nyata yang tersusun dari ketua, bendahara, sekretaris, dan juga anggota. Bagi suatu struktur organisasi yang lebih kompleks lagi, terdapat wakil ketua, wakil sekretaris, dan banyak lagi koordinator dalam tiap-tiap anggota yang terbagi menjadi divisi-divisi yang sesuai dengan kebutuhan dari struktur organisasi tersebut.
Untuk struktur organisasi yang lebih kompleks sesuai dengan teori manajemen, terdapat pembagian tugas yang sesuai dengan fungsi-fungsi yang dibutuhkan, seperti adanya pemimpin, manager, supervisor manajer, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, di perusahaan yang saya tempati saat ini mempunyai struktur organisasi yang kompleks dimana ada pemimpin , manager dan supervisor. Perusahaan kami berdiri dibidang minuman dan makanan dimana keduanya mempunyai pokok permasalahan yang kompleks apabila ada complain di prodak kami. Tetapi menurut kami complain itu adalah kritikan yang sangat amat membantu untuk perusahaan kami lebih baik lagi. Seperti misi kita "memuaskan pelanggan dengan memberikan produk aman dan bermutu tinggi ............". Perusahaan yang saya tempati saat ini pun sudah terkenal dikalangan masyarakat dan apalagi dengan merek sirupnya yang sudah bersaing dengan merek lainnya. Perusahaan ini termasuk perusahaan yang unggul karena prodak kami yang sudah didistribusikan sampai keluar negeri.Karena prodak kami memiliki cita rasa dan memiliki spec. Maka perusahaan asing yang bergerak dibidang makanan siap saji terutama, mempercayai untuk membeli prodak kami untuk dipergunakan di tempatnya. Dengan mempunyai suatu organisasi yang kuat dalam suatu perusahaan tidak diragukan lagi perusahaan tersebut bisa bersaing dengan perusahaan lain yang terkenal juga. Tidak hanya dibidang minuman saja perusahaan kami unggul, tetapi di bidang makanan yakni untuk saus dan mayonesnya pun ikut serta berperan dalam mengembangan perusahaan yang saya tempati saat ini. Apalagi mayones kami akan dikirim ke luar negeri untuk dipergunakan disana dan betapa senangnya perusahaan membina kerja sama dengan negara lain. Proyek ini pula merupakan peluang besar untuk perusahaan yang saya tempati semakin majudan berkembang dan bahkan bisa bertahan sampai saat ini merupakan hal yang perlu diacungkan jempol karena dimana perusahaan lain memangkas pegawainya dan bahkan ada yang sampai gulung tikar(bangkrut) karena nilai dolar dan bahan baku yang semakin sini semakin naik dan melonjak yang membuat para enterpreneur pusing menggaji para pegawainya, dan belum lagi demo disana disini yang membuat perusahaan lebih baik mencari investasi yang lain yang lebih menjanjikan ke depannya. Saya pun merasa bangga karena perusahaan yang saya tempati saat ini dapat bersaing dipasaran dan prodak yang kami hasilkan pun bisa laris dipasaran. Saya pun banyak belajar dari pempimpin saya yang hebat dan tidak mudah putus asa. Apalagi beliau selalu memberikan wejangan untuk pegawai baru tentang perusahaan yang beliau pimpin dan kami akan bersama-sama untuk sukses. Semoga perusahaan yang saya tempati ini bisa mempertahankan kualitas dan semakin berkembang.



 Attitude

 Sedangkan, Pengertian Attitude itu dapat kita terjemahkan dengan sikap yang obyektif tertentu, yang dapat merupakan sikap pandangan atau sikap perasaan, tetapi sikap tersebut di sertai sikap kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap obyektif tadi itu. Jadi Attitude itu dapat di terjemahkan sebagai sikap dan kesediaan bereaksi tehadap suatu hal.

3 hal penting mengenai pentingnya Attitude
1. Attitude mengalahkan Hard skill. Skill bisa dipelajari, namun attitude sangat sulit diubah. Seseorang dengan sifat dan kepribadian tertentu, biasanya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini biasanya bisa terlihat melalui psikotes yang dilakukan, dan memiliki porsi yang besar dalam penentuan apakah karyawan ini akan direkrut atau tidak. Biasanya perusahaan akan memilih orang dengan kepribadian yang mudah beradaptasi, terbuka dan rendah hati, karena mereka harus bisa ditempatkan dimanapun.
2. Attitude memungkinkan karyawan lebih kompak. Dengan saling menjaga respect, produktivitas perusahaan bisa meningkat dengan tajam. Sesama karyawan bisa lebih berkomunikasi dengan baik, menyampaikan keluhan dan masukan mengenai kesulitan yang terjadi antar divisi.
3. Attitude membuat segala macam masalah beres. Semua orang senang merasa dihargai. Bahkan, jika anda memiliki atasan yang sangat senang marah-marah, sekalipun. Memang, terkadang kita akan selalu menemukan hard people (orang yang sulit diajak kerja sama) namun tenang saja jika anda memiliki attitude yang baik, bukan tidak mungkin orang tersebut akan luluh dan menjadi teman baik anda yang kooperatif dengan anda, seperti yang saya alami. :) jika anda tetap konsisten.

Yaa, attitude itu sangat penting. Mungkin banyak orang yang beranggapan attitude tuh sepele, ya sepele tetapi attitude itu sendiri memiliki nilai yang luar biasa. Menurut saya, attitude itu penting untuk kehidupan sehari-hari maupun kehidupan di dunia kerja , karena dengan memiliki attitude saya atau kalian semua bisa merasakan dampaknya apalagi di dunia kerja semua orang harus memiliki attitude menurut saya, agar semua orang bisa merasakan nyamannya dan dihargai secara tulus dan hormat. Lain halnya untuk pegawai biasa misalnya di perusahaan yang saya tempati mungkin kurang kesadarannya untuk ber attitude kesesama. Terutama untuk bawahan yang biasa biasa saja mereka sering kali mensepelekan hal ini. Yaa, mungkin benar hal seperti ini harus dikembalikan ke diri kita masing-masing toh orang yang sudah bekerja berarti orang dewasa, dan orang dewasa menurut saya orang yang sudah bisa menyikapi mana yang buruk dan mana yang baik untuk dirinya, sama seperti attitude hal ini rasanya enggak perlu saya ingatkan karena attitude akan tumbuh seiring dengan kesadarannya sendiri. Dan mungkin sampai sekarang ada orang yang tidak memperdulikan attitude sama sekali. Menurut saya, itu hal yang tidak baik karena seseorang akan dinilai bukan hanya dari penampilan dan tutur kata yang baik tetapi attitude pun sangat amat mempengaruhi dalam penilaian tersebut. Aapalagi di perusahaan saya tempati selalu ada penilaian dengan berbagai macam aspeknya dan attitude pun termasuk aspek dalam penilaiannya. Jadi attitude menurut saya sangat penting dan itu bisa menjadi patokan/penilaian untuk orang yang melihat kita.
Semoga di Perusahaan yang saya tempati saat ini pola berpikir mereka tentang pentingnya attitude bisa dirasakan disemua divisi dan alangkah senangnya apabila Perusahaan ini bisa berkembang dengan baik dengan memiliki attitude yang baik dan tentunya memuaskan pelanggan yang tercantum pada misi kami








Sumber :
http://www.pengertian.org/2015/07/pengertian-organisasi-secara-umum.html
http://www.grevia.com/article/24/3-poin-utama-tentang-pentingnya-memiliki-attitude-yang-baik







1 komentar:

  1. MGM Casino in Las Vegas, NV | Dr.MD.com
    MGM Hotel Las Vegas MGM Resort Atlantic City Hotel Las Vegas MGM Luxury Hotel and 여주 출장마사지 Casino 서울특별 출장마사지 Property Location With a stay at MGM Resorts Casino 남원 출장샵 in Las Vegas (NV), 울산광역 출장안마 you 평택 출장샵

    BalasHapus