Saat ini sudah banyak bukan organisasi
yang sering kita temui dan kita pun bisa ikut serta kedalam organisasi
tersebut. Tapi apakah kalian tahu apa saja manfaat dan pelajaran yang
kita dapatkan dalam suatu organisasi tersebut, dan apa saja masalah yang
kita dapat pecahkan dalam suatu organisasi tersebut.
Yuuk kita bahas sedikit tentang organisasi dan pentingnya attitude dalam kehidupan kita.
Organisasi
Organisasi dalam bahasa Yunani “ὄργανον, organon” = alat yang artinya adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Secara
umum, Pengertian Organisasi dapat didefinisikan sebagai sebuah
sistem yang terdiri dari sekumpulan individu terhadap pembagian kerja
kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan yang telah diciptakan secara
sistematis dan struktural. Dalam organisasi terdapat beberapa batasan
yang dapat ditunjukkan pada sebuah organisasi tersebut. Selain itu,
Pengertian Organisasi dapat diartikan sebagai tempat orang-orang
berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terorganisasi,
terencana, terkendali dan terpimpin dalam memanfaatkan sumber daya yang
digunakan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi
secara bersama-sama. Nah begitu luas kan pengetahuan kita apabila kita
ikut serta kedalam suatu organisasi, dan apalagi kalau ada suatu masalah
pasti akan lebih seru dan melatih diri kita juga untuk mengatasi suatu
masalah dan bagaimana kita harus memecahkan masalah tersebut.
Dan
selalu ada masalah yang perlu dipecahkan bersama, mungkin ini yang
ditunggu-tunggu karena memecahkan masalah membutuhkan ide dan jalan
keluar yang baik. Sikap saling menjaga
dan bertanggungjawab terhadap keutuhan anggota ataupun mempertahankan
sebuah kelompok, memberikan gambaran sebuah perjuangan panjang, dan ini
akan sangat membantu ketika dalam penyelesaian masalah atau memberikan
masukan kepada masyarakat dalam lingkup luas.
Selain itu beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dalam sebuah organisasi antara lain :
1. Tercapainya sebuah tujuan
Organisasi dibentuk dari tujuan-tujuan bersama yang berkaitan, maka pencapaian tujuan yang dilakukan oleh orang banyak atau dalam artian anggota sebuah kelompok lebih berpeluang untuk mencapai tujuan yang lebih maksimal dan efektif.
2. Melatih mental bicara di publik
Mental berbicara didepan umum tidak setiap orang bisa peroleh dengan mudah, harus dengan pelatihan lama dan berkala. Sebuah organisasi, kelompok belajar, atau kelompok studi ilmiah bagi para mahasiswa adalah sebuah wadah yang tepat untuk pengembangan public speaking.
3. Mudah memecahkan masalah
Karena dalam sebuah organisasi permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi, entah karena perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok. Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk.
Selain hal-hal diatas, masih banyak manfaat organisasi yang bisa diperoleh, namun disini tidak dipaparkan lebih banyak, hal lain yang bisa kita dapatkan antara lain :
a. Melatih Leadership
b. Memperluas pergaulan
c. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
d. Membentuk karakteristik seseorang
e. Kuat dalam menghadapi tekanan
f. Mampu mengatur waktu dengan sangat baik
g. Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya
Selain itu beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dalam sebuah organisasi antara lain :
1. Tercapainya sebuah tujuan
Organisasi dibentuk dari tujuan-tujuan bersama yang berkaitan, maka pencapaian tujuan yang dilakukan oleh orang banyak atau dalam artian anggota sebuah kelompok lebih berpeluang untuk mencapai tujuan yang lebih maksimal dan efektif.
2. Melatih mental bicara di publik
Mental berbicara didepan umum tidak setiap orang bisa peroleh dengan mudah, harus dengan pelatihan lama dan berkala. Sebuah organisasi, kelompok belajar, atau kelompok studi ilmiah bagi para mahasiswa adalah sebuah wadah yang tepat untuk pengembangan public speaking.
3. Mudah memecahkan masalah
Karena dalam sebuah organisasi permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi, entah karena perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok. Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk.
Selain hal-hal diatas, masih banyak manfaat organisasi yang bisa diperoleh, namun disini tidak dipaparkan lebih banyak, hal lain yang bisa kita dapatkan antara lain :
a. Melatih Leadership
b. Memperluas pergaulan
c. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
d. Membentuk karakteristik seseorang
e. Kuat dalam menghadapi tekanan
f. Mampu mengatur waktu dengan sangat baik
g. Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya
Jadi,
begitu pentingnya bukan kita mengenal dunia organisasi bahkan sejak
kecil pun kita bisa mempelajari organisasi secara tidak langsung.
Dapat disimpulkan bahwa syarat untuk membangun organisasi antara lain :
1) Visi dan misi.
2) Adanya tujuan yang jelas.
3) Terdapat struktur organisasi yang terarah.
4) Adanya pembagian kerja yang jelas bagi masing-masing anggota.
5) Waktu serta subjek dalam partisipasi hendaknya relevan.
6) Mempunyai kemampuan dalam berpartisipasi serta untuk melakukan komunikasi timbal balik.
7) Dapat melaksanakan peran yang sesuai dengan suatu persyaratan yang sebelumnya sudah ditentukan.
8) Terdapat kegiatan yang didasari kepada kebebasan dalam kelompok
1) Visi dan misi.
2) Adanya tujuan yang jelas.
3) Terdapat struktur organisasi yang terarah.
4) Adanya pembagian kerja yang jelas bagi masing-masing anggota.
5) Waktu serta subjek dalam partisipasi hendaknya relevan.
6) Mempunyai kemampuan dalam berpartisipasi serta untuk melakukan komunikasi timbal balik.
7) Dapat melaksanakan peran yang sesuai dengan suatu persyaratan yang sebelumnya sudah ditentukan.
8) Terdapat kegiatan yang didasari kepada kebebasan dalam kelompok
Pada umumnya, organisasi formal mempunyai struktur organisasi yang jelas
dan nyata yang tersusun dari ketua, bendahara, sekretaris, dan juga
anggota. Bagi suatu struktur organisasi yang lebih kompleks lagi,
terdapat wakil ketua, wakil sekretaris, dan banyak lagi koordinator
dalam tiap-tiap anggota yang terbagi menjadi divisi-divisi yang sesuai
dengan kebutuhan dari struktur organisasi tersebut.
Untuk struktur organisasi yang lebih kompleks sesuai dengan teori manajemen, terdapat pembagian tugas yang sesuai dengan fungsi-fungsi yang dibutuhkan, seperti adanya pemimpin, manager, supervisor manajer, dan lain sebagainya.
Untuk struktur organisasi yang lebih kompleks sesuai dengan teori manajemen, terdapat pembagian tugas yang sesuai dengan fungsi-fungsi yang dibutuhkan, seperti adanya pemimpin, manager, supervisor manajer, dan lain sebagainya.
Sebagai
contoh, di perusahaan yang saya tempati saat ini mempunyai struktur
organisasi yang kompleks dimana ada pemimpin , manager dan supervisor.
Perusahaan kami berdiri dibidang minuman dan makanan dimana keduanya
mempunyai pokok permasalahan yang kompleks apabila ada complain di
prodak kami. Tetapi menurut kami complain itu adalah kritikan yang
sangat amat membantu untuk perusahaan kami lebih baik lagi. Seperti misi
kita "memuaskan pelanggan dengan memberikan produk aman dan bermutu
tinggi ............". Perusahaan yang saya tempati saat ini pun sudah
terkenal dikalangan masyarakat dan apalagi dengan merek sirupnya yang
sudah bersaing dengan merek lainnya. Perusahaan ini termasuk perusahaan
yang unggul karena prodak kami yang sudah didistribusikan sampai keluar
negeri.Karena prodak kami memiliki cita rasa dan memiliki spec. Maka
perusahaan asing yang bergerak dibidang makanan siap saji terutama,
mempercayai untuk membeli prodak kami untuk dipergunakan di tempatnya.
Dengan mempunyai suatu organisasi yang kuat dalam suatu perusahaan tidak
diragukan lagi perusahaan tersebut bisa bersaing dengan perusahaan lain
yang terkenal juga. Tidak hanya dibidang minuman saja perusahaan kami
unggul, tetapi di bidang makanan yakni untuk saus dan mayonesnya pun
ikut serta berperan dalam mengembangan perusahaan yang saya tempati saat
ini. Apalagi mayones kami akan dikirim ke luar negeri untuk
dipergunakan disana dan betapa senangnya perusahaan membina kerja sama
dengan negara lain. Proyek ini pula merupakan peluang besar untuk
perusahaan yang saya tempati semakin majudan berkembang dan bahkan bisa
bertahan sampai saat ini merupakan hal yang perlu diacungkan jempol
karena dimana perusahaan lain memangkas pegawainya dan bahkan ada yang
sampai gulung tikar(bangkrut) karena nilai dolar dan bahan baku yang
semakin sini semakin naik dan melonjak yang membuat para enterpreneur
pusing menggaji para pegawainya, dan belum lagi demo disana disini yang
membuat perusahaan lebih baik mencari investasi yang lain yang lebih
menjanjikan ke depannya. Saya pun merasa bangga karena perusahaan yang
saya tempati saat ini dapat bersaing dipasaran dan prodak yang kami
hasilkan pun bisa laris dipasaran. Saya pun banyak belajar dari
pempimpin saya yang hebat dan tidak mudah putus asa. Apalagi beliau
selalu memberikan wejangan untuk pegawai baru tentang perusahaan yang
beliau pimpin dan kami akan bersama-sama untuk sukses. Semoga perusahaan
yang saya tempati ini bisa mempertahankan kualitas dan semakin
berkembang.
Attitude
Sedangkan, Pengertian Attitude itu dapat kita terjemahkan dengan sikap yang
obyektif tertentu, yang dapat merupakan sikap pandangan atau sikap
perasaan, tetapi sikap tersebut di sertai sikap kecenderungan untuk
bertindak sesuai dengan sikap obyektif tadi itu. Jadi Attitude itu dapat di terjemahkan sebagai sikap dan kesediaan bereaksi tehadap suatu hal.
3 hal penting mengenai pentingnya Attitude :
1. Attitude mengalahkan Hard skill. Skill
bisa dipelajari, namun attitude sangat sulit diubah. Seseorang dengan
sifat dan kepribadian tertentu, biasanya tidak akan mengalami perubahan
yang signifikan. Hal ini biasanya bisa terlihat melalui psikotes yang
dilakukan, dan memiliki porsi yang besar dalam penentuan apakah karyawan
ini akan direkrut atau tidak. Biasanya perusahaan akan memilih orang
dengan kepribadian yang mudah beradaptasi, terbuka dan rendah hati,
karena mereka harus bisa ditempatkan dimanapun.
2. Attitude memungkinkan karyawan lebih kompak. Dengan saling menjaga respect,
produktivitas perusahaan bisa meningkat dengan tajam. Sesama karyawan
bisa lebih berkomunikasi dengan baik, menyampaikan keluhan dan
masukan mengenai kesulitan yang terjadi antar divisi.
3. Attitude membuat segala macam masalah beres. Semua
orang senang merasa dihargai. Bahkan, jika anda memiliki atasan yang
sangat senang marah-marah, sekalipun. Memang, terkadang kita akan selalu
menemukan hard people (orang yang sulit diajak kerja sama) namun tenang saja jika anda memiliki attitude
yang baik, bukan tidak mungkin orang tersebut akan luluh dan menjadi
teman baik anda yang kooperatif dengan anda, seperti yang saya alami. :)
jika anda tetap konsisten.
Yaa,
attitude itu sangat penting. Mungkin banyak orang yang beranggapan
attitude tuh sepele, ya sepele tetapi attitude itu sendiri memiliki
nilai yang luar biasa. Menurut saya, attitude itu penting untuk
kehidupan sehari-hari maupun kehidupan di dunia kerja , karena dengan
memiliki attitude saya atau kalian semua bisa merasakan dampaknya
apalagi di dunia kerja semua orang harus memiliki attitude menurut saya,
agar semua orang bisa merasakan nyamannya dan dihargai secara tulus dan
hormat. Lain halnya untuk pegawai biasa misalnya di perusahaan yang
saya tempati mungkin kurang kesadarannya untuk ber attitude kesesama.
Terutama untuk bawahan yang biasa biasa saja mereka sering kali
mensepelekan hal ini. Yaa, mungkin benar hal seperti ini harus
dikembalikan ke diri kita masing-masing toh orang yang sudah bekerja
berarti orang dewasa, dan orang dewasa menurut saya orang yang sudah
bisa menyikapi mana yang buruk dan mana yang baik untuk dirinya, sama
seperti attitude hal ini rasanya enggak perlu saya ingatkan karena
attitude akan tumbuh seiring dengan kesadarannya sendiri. Dan mungkin
sampai sekarang ada orang yang tidak memperdulikan attitude sama sekali.
Menurut saya, itu hal yang tidak baik karena seseorang akan dinilai
bukan hanya dari penampilan dan tutur kata yang baik tetapi attitude pun
sangat amat mempengaruhi dalam penilaian tersebut. Aapalagi di
perusahaan saya tempati selalu ada penilaian dengan berbagai macam
aspeknya dan attitude pun termasuk aspek dalam penilaiannya. Jadi
attitude menurut saya sangat penting dan itu bisa menjadi
patokan/penilaian untuk orang yang melihat kita.
Semoga
di Perusahaan yang saya tempati saat ini pola berpikir mereka tentang
pentingnya attitude bisa dirasakan disemua divisi dan alangkah senangnya
apabila Perusahaan ini bisa berkembang dengan baik dengan memiliki
attitude yang baik dan tentunya memuaskan pelanggan yang tercantum pada
misi kami
Sumber :
http://www.pengertian.org/2015/07/pengertian-organisasi-secara-umum.html
http://www.grevia.com/article/24/3-poin-utama-tentang-pentingnya-memiliki-attitude-yang-baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar